Sunday, November 13, 2011

Menjalin Kedekatan dengan Anak

Hati orangtua mana yang tidak miris jika setiap kali butuh sesuatu, si anak akan memanggil mbak atau baby sister yang menjaganya dirumah.


Kedekatan pengasuh dengan anak umumnya terbentuk lantaran besarnya tuntutan hidup di kalangan masyarakat urban yang memaksa si ibu membantu ayah mencari uan dengan bekerja di luar rumah. Terpaksa anak tinggal di rumah bersama pengasuh.


Jika ada ibu atau mertua yang ikut mengawasi masih beruntung. Namun bila mereka tinggal jauh dari rumah kita, agar anak terdidik dengan baik dan tetap merasa dekat dengan kedua orangtuanya, maka orang tua harus tetap mengawasi dan bertanggung jawab atas pendidikan anak. Untuk itu , gara kedekatan dengan anak bisa terwujud, banyak hal yang dilakukan oleh orangtua, diantaranya :


1. Biasakan menelpon anak di rumah pada jam istirahat kantor. hanya sekedar menanyakan kabar dan mendengarkan ceritanya mengenai kegiatan yang ia lalui selama orangtua pergi. Berilah perhatian dengan menanyakan hal - hal kecil, seperti sudah makan belum, seperti apa makanan yang dimakan, mainan apa yang dimainkan dan hal - hal lainnya yang merasa anak diperhatikan.
2. Saat pulang bekerja atau di akhir minggu, luangkan waktu bersenda gurau dan bermain bersama anak atau sekedar membacakan dogeng sebelum tidur. Ini bisa membuat hangat keakraban anda dengan si kecil serta memberikan rasa nyaman di hati putra putri anda.
3. Posisikan anda sebagai temannya. Dengan begitu anak tidak merasa sungkan untuk berbagi dan curhat mengenai segaa permasalahan yang mereka miliki. (jangan dikira anak- anak tidak punya masalah lho). Jika anak sedang curhat, jadilah pendengar yang baik dan penuh perhatian, karena dengan begitu anak akan merasa dekat dan dihargai oleh anda.
4. Berikan penghargaan atas semua perbuatan baik yang dilakukan anak, walaupun hanya sekedar pujian, senyuman dan tepukan tangan. Deangan begitu, anak belajar untuk menghargai dirinya sendiri dan akan berusaha keras untuk jadi yang terbaik demi menyenangkan hati kedua orangtuanya.
5. Bila dirasa perlu, pemberian hukuman juga perlu diterapkan jika anak melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Tidak perlu memarahinya, cukup dengan menunjukkan rasa tidak senang, anak pun bisa mengerti bahwa perbuatannya tidak disukai oleh orangtuanya.


Itulah diantara tips yang bisa membantu kedekatan anda dengan putra putri anda. Sudahkah anda melakukannya?...

No comments:

Post a Comment