Monday, October 22, 2012

Tips Membersihkan Bantal


Tak hanya sarung bantal yang harus dibersihkan, tetapi juga bantal yang anda pakai sehari – hari. Pasalnya, bantal tersebut banyak mengandung debu, keringat, bekas make up di wajah, maupun aneka produk rambut yang terakumulasi beberapa lama. Bisa dibayangkan betapa kotor dan tidak sehatnya bantal anda, bukan?
Belum lagi ada binatang – binatang kecil, seperti kutu, yang sering menjadikan bantal sebagai rumah. Akibatnya, bukan tidak mungkin anda dan keluarga akan mengalami berbagai gangguan kesehatan atau alergi akibat tidak pernah membersihkan bantal tidur.
Oleh karena itu, bantal tidur perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin. Caranya? Langkah pertama adalah mengetahui bahan isi bantal, seperti busa, kapas atau bahan sintesis, agar langkah pembersihan dan perawatannya tepat. Sebagai contoh, untuk bantal berisi bahan sintesis, akan lebih mudah dibersihkan. Anda bisa mempergunakan mesin cuci biasa dan air dingin untuk mencucinya. Gunakan deterjen biasa dan cuci secara terpisah atau ikuti petunjuk produsen yang tertera pada bantal.
Untuk bantal busa, sebaiknya dicuci dengan menggunakan air hangat. Anda masih diperbolehkan memanfaatkan mesin cuci, tetapi hindari mengeringkannya dengan mesin pengering. Jemur bantal di tempat berangin dan sejuk yang tidak terkena sinar matahari langsung. Bila memang harus menggunakan pengering, atur setting mesing pengering ke suhu paling rendah. Hindari meremas bantal untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya karena bisa mengubah bentuk bantal.
Lalu, bagaimana dengan bantal berbahan kapas? Sebenarnya, anda bisa memakai cara yang sama dengan bantal busa. Namun, bahan kapas memerlukan waktu yang lebih lama untuk kering. Pastikan bantal tersebut benar – benar kering sebelum dipakai. Pasalnya, bantal yang masih lembab bisa menyebabkan bau tidak sedap dan jamur. Selain itu, bila anda menggunakan mesin cuci, sebaiknya bilas bantal paling tidak dua kali, agar tidak ada sisa deterjen yang tertinggal.
Untuk perawatan sehari – hari, anda cukup menepuk – nepuk bantal setiap kali membersihkan tempat tidur, anda juga bisa menjemur bantal secara rutin untuk mencegah jamur dan bau apek. Bila perlu, gunakan protector berbentuk spray (semprot) agar bahan anda lebih tahan terhadap kotoran. Usahakan untuk mengganti bantal setiap empat atau lima tahun sekali, sesuai usia pakainya.
 Sumber : Woman Magazine , edit by NE

No comments:

Post a Comment